cara ngerawat kuku yang bae’. .

coba liat kuku mu! sehat atau nggak?? coba lihat apa kuku mu mudah patah, bertekstur kasar, atau memiliki warna dan bentuk kuku yang berbeda satu sama lain??
kalo ya, artinya kuku kamu kuku yang kurang perawatan, atau bisa saja karena adanya penyakit dalam dari kuku kamu tersebut..

nah, mau tau kukumu kuku sehat atau tidak?

kuku sehat itu, terdiri dari:

Nail plate ( Lapisan terluar dari sebuah kuku )
Nail folds ( Kulit yang membingkai kuku Anda )
Nail bed ( Lapisan kulit yang berada di bagian bawah kuku )
Kutikula ( Lapisan yang melapisi kuku, melindungi sel keratin baru )
Lunula ( Bagian yang berbentuk setengah lingkaran di bagian dasar kuku )

Tidak ada sebuah produk yang bisa langsung  membuat kuku kuat dan sehat tanpa adanya perawatan yang kamu lakukan. Jika kamu ingin menjaga kuku tetap sehat, berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui :
 
 
Jangan lukai kukumu. Jangan gunakan kuku untuk membuka sesuatu, terutama benda keras atau menarik sesuatu walau sekuat apapun kuku yang kamu punya

Jangan menggigit kuku. Kebiasaan ini akan merusak nail bed kuku. Selain kotor dan bisa membuat kamu sakit (kotoran di bawah kuku dapat tertelan jika kamu menggunakan tangan untuk makan), kebiasaan ini akan membuat kuku menjadi pendek, dan membuat bakteri atau jamur bisa masuk ke dalam nail bed Anda dan timbul infeksi.
 
Lindungilah kuku. Jika Anda akan bersentuhan cukup lama dengan bahan-bahan kimia, lindungi selalu tangan dan kuku dengan sarung tangan plastik.

Lakukan perawatan. Potonglah kuku secara rutin, jangan menunggu sampai kuku menjadi panjang. Gunakan pemotong kuku yang tajam, lalu pengikir untuk menghaluskan sudutnya. Jangan pernah menarik kuku yang separuh terpotong, karena malah akan merusak jaringan baru yang terbentuk dari kuku.

Berikan pelembap. Kuku seperti kulit, yang juga memerlukan pelembap. Oleskan pelembap pada kuku sama seperti saat kamu mengoleskan hand lotion pada tangan. Ulangi lagi proses tersebut setiap kali kamu selesai mencuci tangan.

 

Bahkan kuku yang mudah patah dan rapuh pun bisa dikembalikan kekuatannya. Berikut beberapa langkah untuk memperkuat kuku:
 
Jaga agar kuku tetap pendek, berbentuk kotak, dengan ujung melingkar. Potong kuku setelah mandi, atau setelah direndam dalam minyak mandi selama 15 menit , karena saat itu adalah saat kuku dalam keadaan paling lembap. Oleskan hand & nail lotion sesudahnya.
Oleskan nail lotion pada lapisan kutikula kuku saat sebelum tidur lalu lindungi kuku dengan menggunakan sarung tangan dari bahan katun.
Aplikasikan penguat kuku tetapi hindari produk yang mengandung  toluene sulfonamide atau  formaldehyde. Bahan kimia ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
Jangan gunakan nail remover atau acetone lebih dari 2 kali sebulan karena bahan itu membuat kering kuku Anda dan merapuhkannya. Jika pewarna kukumu mulai terkelupas, oleskan kembali dengan menimpa langsung pewarna kuku sebelumnya.  
Tip khusus: Jika Anda sering melakukan manicure untuk membuat kuku Anda terlihat cantik, pastikan untuk tidak membiarkan kutikula kuku kamu dikerok dan pastikan semua peralatan yang akan digunakan sudah dalam keadaan steril.

1 Komentar »

  1. uncie Said:

    owww!!!
    baguzzz KiM.,..,.,
    meNariq unTuq di bacca,.,.,.
    apalaGi wt para ce,,.,..,,.
    hehe


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: